dropdown sederhana

Selasa, 06 Juni 2017

Surat Al-Qadr




Artinya :
1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.
2.  Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Pengertian Surat Al-Qadr

 Surah Al-Qadr (bahasa Arab:الْقَدْرِ) adalah surah ke-97 dalam al-Qur'an yang terdiri atas 5 ayat dan termasuk golongan Makkiyah. Surah ini diturunkan setelah surah 'Abasa dan dinamai al-Qadr (Kemuliaan) yang diambil dari kata al-Qadr yang terdapat pada ayat pertama surah ini.

 Isi Kandungan Surat Al-Qadr

Dalam ayat pertama, Alloh SWT memberitahukan bahwa sesungguhnya Al-Qur'an diturunkan pertama kali yakni wahyu pertama yang diterima nabi Muhammad SAW pada saat bersembunyi di gua hiro', diturunkan ketika malam lailatul Qodr, atau pada saat itu tanggal 17 Romadhon yang sering dikenal dengan hari NUZULUL QUR'AN.
Lailatul Qodr lebih baik daripada seribu bulan, atau kalau dihitung secara matematika adalah 83 tahun 4 bulan. lama bukan? apakah umur kita sampai segitu? waAllahu a'lam bil Asshowab. oleh karena itu nabi Muhammad memerintahkan agar mencari lailatul Qodr pada 10 hari terakhir bulan Romadhon terutama pada malam-malam yg ganjil.
pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah menyampaikan pondasi hidup dalam urusan yang berlaku sampai tahun mendatang.
Lailatul Qodr merupakan malam yang penuh berkah, dan keberkahan itu berlaku sampai terbit fajar shodiq sebagai tanda datangnya shubuh.
Semoga kita selalu mendapat kan rahmat Allah SWT untuk bisa mengarungi hidup sekarang dan nanti. Aamiin








Tidak ada komentar:

Posting Komentar